Kamis, 14 Juni 2012

Pidato Menjadi Bidan

PIDATO MENJADI BIDAN ADALAH PILIHANKU

Assalamu’alaikum Wr Wb
Yang terhormat ketua yayasan
Yang saya hormati Bapak/Ibu dosen
Dan teman-teman yang saya cintai

    Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dan pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang Menjadi Bidan Adalah Pilihanku.
Hadirin yang saya hormati,
    Bidan adalah Seseorang yang telah menyelesaikan program Pendidikan Bidan yang diakui oleh negara serta memperoleh kualifikasi dan diberi izin untuk menjalankan praktik kebidanan di negeri itu. Dia harus mampu memberikan supervisi, asuhan dan memberikan nasehat yang dibutuhkan kepada wanita selama masa hamil, persalinan dan masa pasca persalinan ( post partum period ), memimpin persalinan atas tanggung jawabnya sendiri serta asuhan pada bayi baru lahir dan anak. Seorang bidan sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat karana ia mampu menerapakan ilmu kebidanan dalam kehidupan masyarakat. Penerapan fungsi dan kegiatan yang menjadi tanggung jawab seorang bidan dalam memberikan pelayanan kepada klien yang mempunyai kebutuhan/masalah dalam bidang kesehatan ibu masa hamil,persalinan, nifas bayi stelah lahir serta KBm erupakan suatu bentuk aspirasi bidan terhadap masyarakat. penerapan ini termasuk tindakan preventif, pendeteksian kondisi abnormal pada ibu dan bayi, dan mengupayakan bantuan medis serta melakukan tindakan pertolongan gawat darurat pada saat tidak hadirnya tenaga
medik lainnya. Dia mempunyai tugas penting dalam konsultasi dan pendidikan kesehatan, tidak hanya untuk wanita tersebut, tetapi juga termasuk keluarga dan komunitasnya. Pekerjaan itu termasuk pendidikan antenatal, dan persiapan untuk menjadi orang ttua, dan
asuhan anak. Dia bisa berpraktek di rumah sakit, klinik, unit kesehatan, rumah perawatan atau tempat-tempat pelayanan lainnya.
    Bidan sebagai tenaga pemberian pelayanan kebidanan,
pelayanan KB dan pelayanan kesehatan masyarakat harus menyiapkan
diri untuk. Keikutsertaan suami pasien dalam kelahiran, dan menjaga
mutu pelayanan kebidanan.
Hadirin yang saya hormati,
    Kebidanan adalah profesi yang peduli terhadap peningkatan kesehatan perempuan, berfokus pada kesehatan reproduksi dan pemahaman sepanjang siklus kehidupan perempuan atau dengan pendekatan yang bersifat holistik (Sofyan, 2001).
Menjadi adalah pilihanku karena ia mempunyai misi terhadap sumber daya manusia bahkan bagi bangsa dan negara. Adapun misinya yaitu:
1.    Menyiapkan SDM Kebidanan yang menjadi Anggota Masyarakat yang Memiliki Kemampuan Akademik yang professional sehingga mampu mnerapkan, mengembangkan, memperkaya khasanah ilmu pengetahuan dan keterampilan kebidanan dan penyakit kandungan.
2.    Menghasilkan SDM kebidanan Yang Berdisiplin dan berbudi yang Luhur.
3.    Membantu Pemerintah dalam menciptakan lapangan kerja mandiri, terampil, dan berkualitas.
4.    Menggerakkan Pembangunan Kesehatan yang berazaskan pemanfaatan sumber daya manusia secara berkesinambungan untu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.
5.    Mempersiapkan tenaga bidan yang profesional dan adaftif terhadap perkembangan tehnologi dan kebutuhan layanan kebidanan masyarakat.
Untuk itu saya sangat bangga terhadap profesi bidan dan itu merupakan alasan saya memilih menjadi seorang bidan.
    Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar