Kamis, 14 Juni 2012

manfaat

Fungsi  dan manfaat transportasi darat adalah sebagai berikut:
1.    Fungsi transportasi darat yaitu:
Pengangkutan atau transportasi berfungsi sebagai faktor penunjang dan perangsang pembangunan dan pemberi jasa bagi perkembangan ekonomi. (Nasution  2004: 20).
2.    Manfaat transportasi darat yaitu:.
a.    Manfaat  pengangkutan
Manfaat transportasi dapat dilihat dari segi kehidupan masyarak,at Manfaat-manfaat tersebut dapat dikelompokkan dalam beberapa segi kehidupan yaitu manfaat transportasi dari segi ekonomi, sosial, politik dan keamanan.
b.    Manfaat Ekonomi
Kegiatan ekonomi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia, Pengangkutan adalah salah satu alat bantu untuk pemenuhan kebutuhan manusia serta meningkatkan ekonomi masyarakat.
c.    Manfaat Sosial
Transportasi sangat membantu dalam hubungan sosial, transportasi menyediakan banyak fasilitas, dalam hal ini, transportasi dapat mempermudah penyampaian informasi, perjalanan untuk rekreasi, pendekatan jarak rumah ke tempat berinteraksi seperti kantor, sekolah serta menyediakan pelayanan untuk individu maupun kelompok
d.    Manfaat politik dan Keamanan
Sistem pengangkutan yang aman dan nyaman akan memudahkan pengguna transportasi, mereka tidak akan takut untuk melakukan mobilitas siang ataupun malam, kelengkapan jalan, kenyamanan pengangkutan umum, tentu akan meningkatkan minat pengguna transportasi, serta meningkatkan nilai positif wilayah tersebut. Adanya sistem pengangkutan meningkatkan pelayanan pemerintah terhadap masyarakat dengan meluasnya pemenuhan kebutuhan hingga ke pelosok, sistem pengangkutan yang efisien memungkinkan negara memindahkan atau mengangkut penduduk dari daerah yang terkena bencana, atau mendstribusikan bantuan untuk keperluan warga yang sedang terkena bencana alam. (Http://Repository,upri,edu/operator/s.geo 060038 chapter2).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar